6 Kuliner Khas Kota Sidoarjo Yang Wajib Anda Cicipi

kuliner khas kota sidoarjo
Bandeng Presto - Pegipegi

6 Kuliner Khas Kota Sidoarjo, Wajib Kamu Santap

UntukKamu.com – Sidoarjo, ketika mendengar nama kota tersebut, 90 persen orang akan mengaitkannya dengan bencana yang terjadi pada tahun 2006 silam yaitu bencana lumpur Lapindo. Karena sudah sangat terkenalnya lumpur Lapindo ini, secara tidak langsung menjadi ikon kota Sidoarjo. Tetapi, kali ini kita tidak akan membahas tentang hal itu, sebab selain lumpur Lapindo, masih banyak hal menarik lainnya yang ada di Kota Sidoarjo tetangga Surabaya ini.

Mirip seperti daerah lain di Indonesia, Sidoarjo juga mempunyai kuliner khas yang menjadi ikon kota. Ada 6 kuliner khas Kota Sidoarjo yang akan kita bahas. Penasaran? Langsung saja kamu simak ya sahabat-sahabat semua dan bersiaplah untuk lapar hehe.

6 Kuliner Khas Kota Sidoarjo:

1. Petis

sambal petis
Sambal Petis – Ytimg

Petis adalah kuliner yang terbuat dari sisa olahan ikan yang dipanasi sampai menjadi kental, ya seperti saus yang lebih padat. Kemudian petis akan dicampur dengan gula merah atau gula bathok. Nah, itulah yang menjadikan warnanya cokelat kehitam-hitaman dengan rasa yang manis.

Sebetulnya ada beberapa daerah lain yang juga menghasilkan petis, namun masyarakat lebih mengenalnya sebagai makanan khas Sidoarjo. Daerah Balongdowo adalah daerah penghasil petis yang paling terkenal di Kota Sidoarjo.

2. Lontong Kupang

lontong kupang
Lontong Kupang – Rudyhantoro

Ini loh sahabat semua, makanan khas Sidoarjo yang paling fenomenal, kamu jangan ngaku pernah ke Sidoarjo deh jika belum mencicipi makanan ini. Lontong Kupang ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan olahan lontong-lontong didaerah Indonesia lainnya, namun ada 3 bahan yang membuat lontong kupang ini menjadi istimewa yaitu kupang, lentho dan petis.

Kupang sendiri adalah sejenis kerang yang mempunyai ukuran sangat kecil. Lalu, Lentho adalah olahan kacang yang berbentuk oval yang kemudian digoreng. Sedangkan Petis adalah sambal yang menjadi legenda khas Sidoarjo yang bahannya berasal dari olahan ikan laut.

Biasanya Lontong Kupang disajikan dengan memasukkan irisan lontong dan beberapa lentho kedalam piring yang sebelumnya telah diberi cabe, bawang putih dan petis yang telah dihaluskan, kemudian di siram dengan kuah dari kupang. Untuk menambah cita rasa, biasanya penjual lontong kupang juga akan memasukkan air perasan jeruk nipis pada proses akhir penyajian. Jika kamu tidak menyukai perasan jeruk nipis tadi, maka kami bisa meminta kepada penjualnya agar tidak menambahkannya.

Bagi sebagian masyarakat Sidoarjo, lontong kupang tidak bisa dimakan sendirian saja, tetapi biasanya ada 2 kuliner pendamping yang dimakan bersamaan dengan lontong kupang. Nah, 2 kuliner tersebut adalah sate kerang dan es kelapa muda.

3. Ceker Lapindo

ceker lapindo
Ceker Lapindo – Gotravelly

Ceker ayam biasanya diolah menjadi sup atau dim sum. Tetapi berbeda dengan di Sidoarjo yang diolah dengan gaya tradisional, diberi bumbu cabe yang pedasnya GILA!!!

Sajian ceker ayam ini diberi nama Ceker Lapindo. Nama tersebut karena kuliner satu ini disuguhkan panas dan setelah dinikmati kamu akan mengeluarkan asap di mulut karena panas dan pedas.

Banyak pilihan ceker lapindo yang bisa kamu nikmati, seperti ceker rica-rica, ceker mentega, ceker krispi, ceker Sup Lapindo dan lain-lainnya. Namun yang paling populer dipesan pengunjung adalah Sup Pedas Ceker Lapindo. Selain itu ada tingkatan kepedasan yang bisa kamu tentukan sendiri. Biasanya sayu porsi ceker lapindo disajikan dengan nasi.

4. Bandeng Presto

bandeng presto
Bandeng Presto – Pegipegi

Kuliner khas Kota Sidoarjo selanjutnya adalah Bandeng Presto. Makanan satu ini sangat cocok jika dimakan orang yang tidak mau repot menyingkirkan duri pada ikan bandeng. Itu dikarenakan bandeng presto ini memiliki kandungan tulang yang sangat sedikit, bahkan tidak ada.

Jadi, kamu tak perlu khawatir tersendak duri ikan bandeng saat menyantap bandeng presto ini.

5. Kerupuk Udang

kerupuk udang
Kerupuk Udang – Inspirasi

Selain dijuluki dengan nama Kota Delta, Sidoarjo juga mempunyai julukan lain yaitu sebagai kota udang. Itu dikarenakan Sidoarjo adalah salah satu daerah penghasil udang terbesar di Pulau Jawa. Bahkan ya, julukan klub sepak bola di kota ini adalah “The Lobster” atau udang gede. Senada dengan julukan tersebut, Sidoarjo juga memiliki olahan udang yang sangat terkenal yakni kerupuk udang.

Rasa dari kerupuk udang khas Sidoarjo ini sangatlah enak, manis dan gurih. Sangat cocok jika kamu menjadikannya sebagai camilan disaat ngobrol santai bersama pasangan dibawah pohon jambu ditengah sawah hehe.

6. Bandeng Asap

bandeng asap
Bandeng Asap – Ujiandeliaayumaya

Bandeng adalah ikan idola di Sidoarjo. Karena sangat terkenal, masyarakat Sidoarjo memasukkan ikan ini dalam lambang kota Sidoarjo yang bersanding langsung dengan udang. Perlu diingat bahwa Sidoarjo merupakan kota tambak yang menjadi salah satu penghasil ikan Bandeng terbesar di Jawa. Banyaknya stok ikan Bandeng di Sidoarjo, maka jangan heran jika banyak olahan makanan juga berasal dari ikan Bandeng.

Salah satu olahan bandeng yang terkenal yakni Bandeng Asap. Namanya juga bandeng asap, maka proses pembuatannya pun juga dengan proses pengasapan. Biasanya ya, bandeng asap dijadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan ataupun perantuan untuk dibawa ke kampung halaman masing-masing.

Itulah 6 kuliner khas Kota Sidoarjo yang wajib kamu cicipi di Kota Sidoarjo. Untuk Anda yang ingin tahu lebih lengkap tentang lokasinya banyak kok, mudah dicari di mbah Google. Semoga dapat bermanfaat ya sahabat-sahabat semua. Baca juga artikel menarik lainnya seputar kuliner disini: Artikel Kuliner

Sumber: Idntimes

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*