Kamu Harus Waspadai 9 Penyebab Kanker Ini

9 penyebab kanker
Bahaya Kanker - Womenscenterofjax

Waspadai 9 Penyebab Kanker

UntukKamu.com – Kanker adalah suatu penyakit yang mana sel-sel abnormal tumbuh secara tidak terkontrol dan menyerang jaringan tubuh lainnya. Sel-sel kanker tersebut dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya yaitu dengan melalui aliran darah dan jaringan limfe. Di negara kita Indonesia ini, kanker merupakan penyakit yang mematikan ke-7 secara keseluruhan dan menjadi penyakit mematikan tidak menular nomor 3.

Secara fundamental, kanker mempengaruhi cara sel tumbuh, membelah dan mengubahnya ke arah yang salah. Seluruh jenis kanker adalah kerusakan genetik pada DNA penderitanya. Penyakit kanker ini memperburuk dan melemahkan tubuh, seperti tentara yang menyerang sel-sel tanpa ampun, itu dikarenakan sel-sel beracun yang tumbuh di dalam tumor secara tidak terkendali. Ada beberapa jenis kanker yang sulit untuk dikendalikan, ditentukan cacat genetik dan predisposisi yang diturunkan daru satu generasi ke generasi berikutnya, atau disebabkan perubahan genetik yang terjadi secara alami seumur hidup.

Namun, seperti yang kita ketahui bahwa gaya hidup yang tidak seperti saja makan-makanan tertentu, merokok dan penggunaan plastik yang dapat meningkatkan risiko tumbuhnya sel-sel mematikan ini. Nah sahabat-sahabat semua, berikut ini adalah beberapa yang mengandung karsinogen atau penyebab kanker oleh para ilmuan.

9 Penyebab Kanker Yang Harus Kamu Waspadai:

1. Makanan Olahan

makanan olahan
Makanan Olahan – Istockphoto

Makanan-makanan olahan yang diproduksi di pabrik, dikemas dalam plastik dan kemudian dirancang untuk dapat bertahan selama berbulan-bulan mungkin adalah makan atau camilan yang rasanya enak. Akan tetapi, juga dapat membahayakan tubuh dan bisa meningkatkan risiko kanker.

Baru-baru ini, para ilmuan Perancis memusatkan perhatian pada hubungan antara orang yang banyak mengkonsumsi makanan olahan dan mereka yang terkena kanker. Walaupun, para ilmuan tersebut masih belum benar-benar yakin apakah masalah tersebut adalah bersumber dari bahan penyeimbang makanan, pembungkus plastik atau dari kombinasi keduanya. Dikarenakan studi mereka menghasilkan korelasi, maka kemungkinannya terdapat faktor-faktor lain yang juga bekerja.

2. Gula

minuman gula
Minuman berperisa mengandung banyak gula – Netdna-Ssl

Para ilmuan mengetahui jika terlalu banyak mengkonsumsi gula, tidak hanya akan meningkatkan risiko diabetes, namun juga secara aktif akan merusak sel dan dapat meningkatkan risiko sel-sel kanker untuk berkembang. Kemudian, penemuan selanjutnya juga menyatakan bahwa gula bisa menjadi bahan bakar untuk pertumbuhan tumor di tubuh, itu karena kanker sangat senang menggunakan gula sebagai bahan bakarnya.

Menurut Johan Thevelein, seorang ahli Biologi Molekuler Belgia, setelah merilis hasil studinya di bulan Oktober. Beliau menyatakan bahwa “Mengkonsumsi gula secara hiperaktif akan mengarah ke lingkaran setan dari stimulasi lanjutan dari pertumbuhan dan perkembangan kanker”.

Bagi para ilmuan, penelitian inovatif memberikan kita pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana gula dan kanker saling berinteraksi. Hal itu bisa membantu menciptakan strategi diet bagi pada pasien.

3. Berjemur

ilustrasi berjemur
Ilustrasi Berjemur – WP

Menurut Yayasan Kanker Kulit, orang-orang yang berjemur di bawah sinar matahari sebelum berusia 35 tahun dapat meningkatkan risiko terkena melanoma sebanyak 75%. Sinar matahari biasa pun juga dapat menimbulkan penyakit, untuk itu biasakan untuk menggunakan tabir surya serta berlindunglah di tempat yang teduh sebagai perlindungan, apabila keluar rumah lebih dari 15 menit.

4.Arsenik

air minum tercemar
Air Minum yang Tercemar – Egyptindependent

Arsenik adalah bahan alami yang keluar dari kerak bumi, tetapi dapat beracun dalam bentuk anorganiknya. Biasanya Arsenik ini dapat ditemukan di air yang tercemar, air tersebut bisa saja dikonsumsi oleh manusia atau juga digunakan untuk irigasi tanaman seperti yang terjadi di Bangladesh. WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa setidaknya terdapat 140 juta orang di 50 negara yang meminum air yang didalamnya mengandung arsenik dalam jumlah yang tinggi.

5. Batu Bara

penambang batu bara
Penambang Batu Bara – Internapcdn

Sudah sejak lama diketahui bahwa para penambang batu bara terancam terkena kanker paru-paru, perut dan kandung kemih. Data menyebutkan bahwa para penambang yang terpapar gasifikasi batu bara atau secara keseluruhan menghirup debu dari batu bara maka akan meningkatkan risiko terkena kanker.

6. Merokok

ilustrasi merokok
Ilustrasi Merokok – Metro

Kita telah mengetahui bahwa rokok tembakau mengandung setidaknya 70 bahan kimia penyebab kanker. Bukan hanya para perokok saja yang dapat terinfeksi, tetapi juga mereka yang menghirup asap rokok dan hal itu sangat berisiko terkena kanker. Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit mengatakan bahwa ” Non perokok yang terekspos asap rokok di rumah dan di tempat kerja akan meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru 20% – 30%”. Untuk orang yang mengunyah tembakau juga dapat memiliki risiko tinggi.

7. Daging yang Hangus dan yang Dipanggang di atas Api Menyala

ilustrasi daging gosong
Ilustrasi Daging Gosong – Huffpost

Memanglah daging asap yang dipanggang di atas api akan terasa sangat lezat dan nikmat untuk disantap, tetapi pada kenyataannya makanan jenis ini sangat berisiko meningkatkan kanker. Ha tersebut dikarenakan otot dari daging yang mengandung senyawa yang disebut heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH).

Saat daging sapi, unggas atau ikan dipanggang di atas api atau digoreng dengan minyak yang sangat panas, lemak dan jus mereka akan melepaskan ke dalam api, percikan api dengan bahan kimia berbahaya didalamnya yang kemudian digunakan untuk memasak daging hingga ke dalam.

Nah, hal itu sangat tidak baik untuk kesehatan manusia, karena bisa menyebabkan perubahan DNA yang kemudian akan meningkatkan risiko terkena kanker.

8. Alkohol

ilustrasi alkohol
Ilustrasi Alkohol – Netdna-Ssl

Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah besar secara reguler ternyata dapat meningkatkan risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker tenggorokan, hati, payudara dan usus besar. Menurut Institut Kanker Nasional, risiko pengembangan sel-sel kanker akan meningkat dengan jumlah alkohol yang dikonsumsi seseorang.

Kemudian pada analisis terbaru, dari 600.000 pengkonsumsi alkohol dai 19 negara seluruh dunia, yang memiliki pendapat tinggi menemukan bahwa mengkonsumsi lebih banyak alkohol akan meningkatkan seluruh jenis kanker yang terhubung langsung dengan sistem pencernaan.

9. Bahan Kimia Beracun di Tempat Kerja

 

Berikut adalah beberapa orang bekerja setiap harinya dengan substansi penyebab kanker. Beberapa pekerjaan yang memiliki kontak dengan bahan-bahan kimia penyebab kanker:

  • Pekerja aluminium.
  • Pelukis.
  • Pembuat Tar, bersentuhan dengan karsinogen benza.
  • Penata rambut yang menangani pewarna rambut setiap harinya.
  • Pabrik karet.
  • Pekerja salon kuku, menghirup bau berbahaya.
  • Mereka yang bekerja di malam hari.

Ok sahabat-sahabat UntukKamu.com, itulah 9 penyebab kanker yang harus kamu waspadai dan ada disekitar kita, untuk itu kita wajib mewaspadainya! Baca juga artikel menarik lainnya tentang kesehatan disini: Artikel Kesehatan

Sumber: Business Insider

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*